darilamongankemanado

Sabtu, Maret 22, 2008

Pelatihan Kusta

Koas Kulit dan Kelamin Gelombang 2 :
Hajar Rafika Rani
Yanse Vera Ticoalu
Diane Kaunang
Yoseph Leonardo Samodra
Indira
Ni Ketut Tanti


Pelatihan kusta di dinas kesehatan (dinkes) dilakukan selama 2 hari. Lokasi dinkes propinsi Sulawesi Utara berada di jalan 17 Agustus, Winangun dan lokasi praktek adalah di puskesmas Bailang kecamatan Bunaken. Hari pertama adalah materi tentang kusta dan hari kedua adalah praktek anamnesis, pemeriksaan dan health education. Pada hari pertama aku dan kak Yanse datang telat karena alasan hampir kesasar, sedangkan teman-teman yang lain sudah sampai ditempat tujuan.
Pada hari pertama di sesi awal dilakukan pre test untuk mengukur pengetahuan dasar koas tentang kusta. Memang saat itu aku hanya pasrah karena sebelumnya tidak belajar sama sekali tentang kusta. Yang kupelajari hanya materi latkas yang akan dibaca pada hari jumat. Aku tidak bisa mengandalkan lirik kanan atau kiri karena teman-teman yang duduk didekatku sama-sama tidak tahu soal ujian ini.. Hanya dengan berbekal ingatan dan logika aku mengisi soal-soal yang diberikan. Bagiku soal-soal itu cukup susah, pernah sih kubaca soal kusta tapi hanya di catatan kuliah saja, sedangkan soal-soal itu dalem banget, apalagi pertanyaan soal epidemiologi.
Sesi kedua dan ketiga adalah materi, masing-masing dari kami diberikan sebuah modul (gratis) yang berjudul Modul Orientasi Program P2 Kusta Bagi Co Ass, berisi 54 halaman. Masing-masing sesi diberikan oleh penyaji yang berbeda. Materi pertama tentang pendahuluan dan epidemiologi sedangkan materi kedua tentang teori perjalanan penyakit kusta. Penyajian materinya cukup menarik, nggak ngebosenin dan santai, kamipun banyak mendapatkan pengetahuan tentang kusta.
Sesi keempat adalah istirahat, dibagikan snack dan makan siang berupa paket ikan bakar (sumpah, nggak tau kalo semuanya gratis) tanpa ba bi bu lagi kami langsung menyantap sajian karena sudah dari pagi perut keroncongan dan cacing-cacing perut berdemo.
Setelah kenyang, dilanjutkan sesi terakhir yang juga berisi materi tentang pemeriksaan, kali ini kami kompak ngantuk abis karena kenyang apalagi cara penyajian materi yang cukup melankolis, tapi cuma diawal saja, karena setelah penyaji menyuruh si cecep maju sebagai orang coba kami antusias mencobainya secara bergilir.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda